(ISC)2 CISSP Certified Information Systems Security Professional Official Practice Tests

(ISC)2 CISSP Certified Information Systems Security Professional Official Practice Tests

Biologi sebutkan fungsi hati​

sebutkan fungsi hati​

Jawaban:

Hati merupakan organ penting bagi manusia. Fungsi hati antara lain menghasilkan protein, menyimpan nutrisi, memproduksi empedu, dan berbagai fungsi penting lainnya. Fungsi hati dalam tubuh manusia sangatlah penting. Hati atau yang sering disebut sebagai liver merupakan organ terbesar dalam tubuh.

Penjelasan:

semoga membantu , jadikan jawaban terbaik ya

Jawaban:

1. Memproduksi Empedu

Empedu membantu usus kecil memecah dan menyerap lemak, kolesterol, dan beberapa vitamin. Empedu terdiri dari garam empedu, kolesterol, bilirubin, elektrolit, dan air.

2. Menyerap dan Memetabolisme Bilirubin

Bilirubin dibentuk oleh pemecahan hemoglobin. Zat besi yang dilepaskan dari hemoglobin disimpan di hati atau sumsum tulang dan digunakan untuk membuat sel darah generasi berikutnya.

3. Mendukung Pembekuan Darah

Vitamin K diperlukan untuk pembuatan koagulan tertentu yang membantu pembekuan darah. Empedu sangat penting untuk penyerapan vitamin K dan dibuat di hati. Jika hati tidak menghasilkan cukup empedu, faktor pembekuan tidak dapat diproduksi.

4. Metabolisme Karbohidrat

Karbohidrat disimpan di hati, di mana mereka dipecah menjadi glukosa dan disedot ke aliran darah untuk menjaga kadar glukosa normal.

Karbohidrat disimpan sebagai glikogen dan dilepaskan setiap kali diperlukan ledakan energi yang cepat.

5. Tempat Penyimpanan Vitamin dan Mineral

Hati menyimpan vitamin A, D, E, K, dan B12. Dalam beberapa kasus, vitamin selama beberapa tahun disimpan dalam hati sebagai cadangan.

Hati juga menyimpan zat besi dari hemoglobin dalam bentuk ferritin yang siap membuat sel darah merah baru.

Selain untuk menyimpan vitamin dan zat besi, hati juga berfungsi sebagai tempat menyimpan dan melepaskan tembaga.

6. Memproduksi Protein

Organ yang satu ini bertanggung jawab untuk memproduksi protein, seperti albumin yang berfungsi menjaga cairan dalam sistem sirkulasi tubuh.

Protein yang berperan sebagai faktor pembekuan darah dan sistem kekebalan tubuh juga dihasilkan oleh hati.

7. Membantu Memetabolisme Protein

Hati berperan dalam membantu metabolisme protein dengan mengubah amonia menjadi urea yang dikeluarkan bersama urine oleh ginjal.

8. Menyaring Darah

Hati menyaring dan menghilangkan senyawa dari tubuh, termasuk hormon, seperti estrogen dan aldosteron, dan senyawa dari luar tubuh, termasuk alkohol dan obat lain.

9. Fungsi Imunologi

Hati adalah bagian dari sistem fagosit mononuklear. Ini mengandung sel Kupffer dalam jumlah tinggi yang terlibat dalam menjaga kekebalan tubuh.

Sel-sel ini akan menghancurkan agen penyebab penyakit yang mungkin masuk ke hati melalui usus.

10. Trigliserida dan Hormon

Organ hati bertanggung jawab atas produksi kolesterol dan trigliserida, serta protein pembawanya agar dapat dialirkan dalam darah. Tak hanya itu, hati juga berfungsi untuk memproduksi hormon pertumbuhan anak-anak.

11. Memproduksi Albumin

Albumin adalah protein paling umum dalam serum darah. Ini mengangkut asam lemak dan hormon steroid untuk membantu menjaga tekanan yang baik dan mencegah kebocoran pembuluh darah.

12. Sintesis Angiotensinogen

Hormon ini meningkatkan tekanan darah dengan mempersempit pembuluh darah ketika disiagakan oleh produksi enzim yang disebut renin di ginjal.

13. Memproduksi Protein

Organ yang satu ini bertanggung jawab untuk memproduksi protein, seperti albumin yang berfungsi menjaga cairan dalam sistem sirkulasi tubuh. Protein yang berperan sebagai faktor pembekuan darah dan sistem kekebalan tubuh juga dihasilkan oleh hati.

14. Metabolisme Protein

Hati juga berperan dalam membantu metabolisme protein dengan mengubah amonia menjadi urea yang dikeluarkan bersama urine oleh ginjal.

15. Penyimpanan Nutrisi

Hati berperan penting dalam proses penyimpanan nutrisi tubuh. Misalnya zat besi, vitamin A, B12, D, dan K, serta asam folat.

[answer.2.content]